6 Gua Terindah di Indonesia yang Menarik untuk Dijelajahi! - Jenjang Media

Indonesia

Tuesday 8 January 2019

6 Gua Terindah di Indonesia yang Menarik untuk Dijelajahi!

Di Indonesia kamu bisa menemukan banyak sekali wisata alam menarik. Jika bosan berkunjung ke pantai atau gunung serta ingin liburan yang lebih menantang, cobalah untuk menjelajahi gua. Di Indonesia sendiri kamu bisa menemukan banyak sekali gua dengan pemandangan cantik. Sebagai rekomendasi, berikut akan ulas mengenai gua terindah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi.
Gua Jomblang


Gua Terindah Di Indonesia : Gua Jomblang
Berlokasi di Gunungkidul, Gua Jomblang memiliki keindahan yang luar biasa. Karena terkenal dengan keindahannya tersebut bahkan gua ini pernah dijadikan lokasi syuting dari Amazing Race Amerika. Terbentuk akibat proses geologi, Gua Jomblang terbentang dari perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong Jawa Timur hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan. Bertipe collapse doline, ekosistem di dalam Gua Jomblang tercipta dari vegetasi di atas tanah yang runtuh ke dasar bumi pada ribuan tahun yang lalu. Di dalam gua kamu pun bisa menemukan sebuah sumuran atau sinkhole yang menjadikan pemandangan di dalamnya terlihat sangat cantik.
Gua Surupan

Gua-Terindah-di-Indonesia:
Gua Terindah di Indonesia: Gua Surupan
Gua yang satu ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para peneliti dan pecinta alam dari dalam maupun luar negeri. Berlokasi di kawasan karst Gombong Selatan, Gua Surupan manjadi satu dari 100 gua yang harus kamu kunjungi. Menelusuri tempat ini, kamu akan melihat beragai macam keindahan alam berupa stalaktit dan stalakmit dengan berbagai bentuk. Selain itu, keindahan di dalam gua pun semakin sempurna dengan adanya ornamen-ornamen di dinding. Jangan kaget, saat memasuki bagian dalamnya karena nanti kamu akan bertemu dengan beberapa hewan seperti kelelawar, srewiti, udang, lawet, kura-kura hingga pelus. Hal yang membuat gua terindah di Indonesia ini berbeda dengan gua lainnya adalah adanya sungai bawah tanah dengan aliran yang cukup deras. Sungai tersebut mengalir dari Bukit Gadung dan melalui pedesaan untuk kemudian sampai di Gua Surupan. Jadi, kamu perlu berhati-hati jika berkunjung ke Gua Surupan saat musim hujan karena berpotensi banjir.
Gua Jatijajar

Gua-Terindah-Di-Indonesia
Gua Terindah Di Indonesia : Gua Jatijajar
Gua yang satu ini juga sangat populer sebagai salah satu objek wisata alam di kawasan Jawa Tengah. Terbentuk dari batuan kapur, Gua Jatijajar memilki stalaktit dan stalakmit yang tercipta secara alami. Ada beberapa versi dari terbentuknya Gua Jatijajar sendiri. Pertama, diceritakan kalau dulu pada tahun 1802, ada seorang petani yang merupakan pemilik tanah bernama Jayamenawi. Tanpa sengaja, ia terperosok ke dalam sebuah lubang yang ternyata di dalamnya terdapat sebuah gua yang tertutup rerumputan. Versi kedua mengatakan kalau setelah ditemukannya gua tersebut, Bupati Ambal pun menamakannya Jatijajar. Hal tersebut karena adanya dua pohon jati yang berdampingan di mulut gua. Kamu tidak perlu repot-repot atau bersusah payah untuk menelusuri Gua Jatijajar karena bagian dalamnya sudah banyak diperbaiki dan memiliki banyak fasilitas bagi para pengunjung yang datang.
Gua Gong

Gua-Terindah-di-Indonesia
Gua Terindah di Indonesia : Gua Gong
Berlokasi di Dusun Pule, Kecamatan Punung, Gua Gong bisa dijangkau dari pusat kota Pacitan yang berjarak sekitar 37 km. Sama seperti Gua Jatijajar, para pengunjung tidak perlu menggunakan peralatan khusus karena di dalamnya telah dibuat akses bagi para pengunjung berupa jalan setapak dan jembatan. Uniknya, saat kamu memukul stalaktit di dalam gua akan terdengar sebuah suara yang mirip dengan gong. Saking cantiknya, tempat ini bahkan juga didaulat sebagai gua terindah di Asia Tenggara. Kamu bisa menjangkau gua terindah di Indonesia ini dengan mudah karena jalanan menuju ke sana telah di aspal sehingga bisa dilalui oleh kendaraan bermotor.
Gua Gajah

Gua-Terindah-di-Indonesia
Gua Terindah di Indonesia : Gua Gajah
Bepindah sedikit ke Pulau Bali kamu bisa menengok keindahan Gua Gajah. Berlokasi di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali, Gua Gajah masih berfungsi sebagai tempat peribadatan bagi umat Budha dan Siwa. Lokasi dari Gua Gajah juga sangat cantik karena terletak di areal persawahan yang juga menjadi lokasi dari bertemunya dua aliran sungai. Saat memasuki bagian dalam gua kamu akan menemukan patung Dewa Ganesha. Keindahan dari Gua Gajah bisa kamu lihat dari banyaknya ukuran-ukiran indah di bagian luar gua sehingga tampilannya pun berbeda dengan gua kebanyakan.
Gua Barat

Gua-Terindah-di-Indonesia
Gua Terindah di Indonesia : Gua Barat
Nama dari Gua Barat sendiri berasal dari  dari hembusan angin yang berasal tempat yang tidak diketahui dan keluar dari mulut gua. Pertama kali Gua Barat dipetakan oleh tim dari Perancis pada tahun 1880an. Panjang dari Gua Barat sendiri mencapai 6,5 kilometer. Untuk menelusuri gua dari pintu masuk hingga ujung kamu memerlukan waktu sekitar 5 jam. Gua ini juga dikenal dengan nama Kratonan karena terkadang bagian dalam gua tersebut terlihat seperti bebatuan yang berkilau saat terkena cahaya.
Itulah beberapa informasi mengenai gua terindah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi.

No comments:

Post a Comment

Saran dan Kritik

Name

Email *

Message *