9 Tips Liburan Hemat ala Backpacker yang Harus Kamu Baca! - Jenjang Media

Indonesia

Tuesday 8 January 2019

9 Tips Liburan Hemat ala Backpacker yang Harus Kamu Baca!

Berlibur ke suatu tempat menjadi salah satu hal yang dibutuhkan berbagai lapisan masyarakat. Hal ini karena dengan berlibur ke tempat wisata, kamu bisa menghilangkan penat dan stres akibat rutinitas sehari-hari. Sayangnya, banyak yang masih berpendapat kalau traveling membutuhkan banyak biaya. Padahal, kamu bisa dengan mudah mencoba liburan ala backpacker agar dapat menghemat biaya. Nah, untuk itu akan membahas tips traveling ala backpacker. Yuk simak selengkapnya!
Rencanakan Perjalanan secara Detail
traveling ala backpacker 1
Melakukan perjalanan wisata harus direncanakan sebaik mungkin. Traveling spontan atau dadakan memang seru dan menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama sahabat terdekat. Sayangnya, hal ini bukan pilihan tempat jika kamu ingin berhemat. Jika ingin mengurangi budget sebelum dan selama perjalanan, kamu harus menyiapkan perencanaan perjalanan dari awal.
Perencanaan ini dapat meliputi rute transportasi yang akan kamu gunakan, mencari tahu tempat-tempat wisata yang menyenangkan namun juga murah serta tempat makan yang sesuai dengan anggaran kamu. Yang paling penting, jika kamu merancang perjalanan dari jauh hari, bisa saja kamu mendapatkan tiket pesawat yang jauh lebih murah.
Cari Penginapan Murah
traveling ala backpacker 2
Selama berlibur, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di berbagai tempat wisata dibanding di dalam penginapan. Jadi, untuk menghemat biaya, kamu tidak perlu mencari hotel atau penginapan mewah yang bisa membuat pengeluaran membengkak. Pintar-pintarlah mencari penginapan termurah.
Beli Paket Perjalanan
traveling ala backpacker 3
Banyak yang berfikir jika mengambil paket perjalanan bisa membuat budget kamu membengkak, namun nyatanya ada beberapa destinasi wisata yang lebih murah jika kamu mengambil paket perjalanan. Sebagai contohnya, jika ingin mengunjungi pulau-pulau terpencil di Indonesia seperti Wakatobi, Labengki, dan Derawan untuk menghemat biaya perjalanan, pilihlah paket perjalanan yang ditawarkan secara online.
Menurut riset dan berbagai sumber, perjalanan ke tempat-tempat tersebut justru lebih murah jika menambil paket tour. Selain kamu sudah mendapat penginapan, biasanya harga tersebut juga sudah termasuk tiket wisata dan tour guide yang menemani kamu selama berlibur di sana.
Siapkan Travel Kit
traveling ala backpacker 4
Meskipun melakukan perjalanan wisata ala backpacker, beberapa alat tempur perjalanan tetap wajib disiapkan. Jika berencana pergi ke luar negeri, siapkan dompet kecil untuk paspor, visa, bahkan KTP dan beberapa dokumen penting lainnya. Kamu juga perlu scan semuanya dan kirimkan ke email kamu untuk keperluan mendadak dan darurat jika kamu lupa dimana menaruh paspor atau bahkan menghilangkannya.
Sedikit uang tunai juga perlu disiapkan untuk keperluan mendesak jika kamu tidak menemukan ATM di sekitar tempat wisata dan kamu perlu membeli makanan dan sebagainya. Barang-barang penting lainnya, bisa kamu siapkan juga, seperti charger, hp, buku catatan, headphone, kamera dan botol air minum.
Mencoba Makanan Lokal
traveling ala backpacker 6
Di daerah wisata pastinya banyak penduduk lokal yang menyediakan makanan atau minuman khas daerah setempat. Selain harganya dijamin lebih murah, dengan menikmati makanan dari pedagang lokal kamu juga bisa bertemu banyak penduduk setempat untuk mendapatkan berbagai informasi menarik tentang tradisi atau budaya mereka. Namun, kalau ingin lebih menghemat biaya lagi, kamu bisa bawa perbekalan dan makanan kering yang cukup dari rumah untuk menghindari hasrat ingin jajan.
Transportasi
traveling ala backpacker 7
Jika kamu ingin mengunjungi salah satu daerah di Indonesia, menggunakan transportasi umum seperti kereta dan bus malam bisa menjadi jawaban yang tepat untuk traveling murah. Tapi kalau kamu memang ingin berwisata keluar negeri dan perlu menggunakan pesawat, sering-sering lah mengunjungi travel fair tersebut tiket pesawat bisa diskon sampai 50% loh!
Nah, untuk informasi mengenai transportasi di destinasi tujuan ada baiknya untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Jika kamu pergi ke kota-kota di Indonesia, pilihlah transportasi umum seperti angkot atau menyewa motor harian untuk mengantarkan kamu ke berbagai tempat wisata. Namun, untuk kamu yang berwisata keluar negeri biasanya transportasi umum seperti kereta bawah tanah dan bus kota dapat membantu selama berlibur di destinasi tujuan. Hindari penggunaan  taksi online atau konvensional jika budget kamu terbatas
Download Aplikasi Traveling dan Peta di Ponsel
traveling ala backpacker 7
Untuk mengetahui daerah wisata mana saja yang bisa kamu kunjungi, aplikasi dan peta yang dapat digunakan offline akan membantu selama perjalanan. Sebelum berlibur, ada baiknya mencari tahu aplikasi yang tepat sekaligus bisa menjadi pemandu wisata gratis. Biasanya aplikasi yang dibutuhkan adalah rekomendasi tempat-tempat wisaya yang akan kamu kunjungi atau informasi mengenai jadwal dan biaya kereta bawah tanah atau transportasi umum lain.
Hindari Membeli Oleh-oleh
traveling ala backpacker 8
Melakukan sebuah perjalanan wisata rasanya kurang afdol jika tidak membeli oleh-oleh dari daerah yang sedang dikunjungi. Pernak pernik cantik atau makanan khas daerah tersebut seringkali mengundang keinginan berbelanja bagi para wisatawan. Namun, biasanya harga oleh-oleh yang dijual di kawasan wisata memiliki harga yang tidak wajar. Apalagi jika kamu berlibur saat peak season atau masa-masa liburan, harganya akan sangat mahal. Jadi sebaiknya beli lah oleh-oleh seperlunya dan beli di pasar tradisional setempat agar harganya lebih murah.
Liburan Bersama Teman
happy young girls, tourists walking on streets in city tour, Santo Domingo
Melakukan solo traveling kadang memang menyenangkan, kamu bisa bebas berpetualang sesuka hati tanpa menunggu keputusan orang lain. Namun, melakukan perjalanan seorang diri tentunya akan mengeluarkan biaya lebih banyak untuk akomodasi. Berbeda halnya jika sebelum melakukan perjalanan kamu mengumpulkan teman untuk bergabung dalam perjalanan yang akan kamu lakukan. Selain akan lebih menyenangkan, biaya yang kamu keluarkan bisa jauh lebih sedikit dibanding ketika melakukan perjalanan sendirian.
Itulah tadi informasi singkat mengenai Traveling murah ala backpacker.

No comments:

Post a Comment

Saran dan Kritik

Name

Email *

Message *