
Setelah tiga tahun diluncurkan, Porsche akhirnya memperkenalkan 718 Cayman GT4 Clubsport baru dengan berbagai pembaruan. Mobil balap mid-engine ini hadir dalam dalam dua versi, yaitu model Trackday untuk pembalap amatir, dan varian Competition untuk balap nasional dan internasional.
718
Cayman GT4 Clubsport baru tidak hanya fokus pada peningkatan kemampuan
berkendara dan round time yang lebih cepat, tetapi juga pada penggunaan
bahan bakar yang ramah lingkungan. 718 Cayman GT4 Clubsport adalah mobil
balap pertama yang menampilkan bagian-bagian bodi yang terbuat dari
bahan natural-fibre composite. Pintu dan sayap belakang terbuat dari
campuran serat organik, yang memiliki karakteristik mirip dengan serat
karbon dalam hal berat dan kekakuan.
Mobil ini
didukung oleh mesin flat-six 3,8 liter yang menghasilkan 313 kW (425
hp). Dibandingkan dengan pendahulunya, tenaga mesin meningkat hingga 40
hp. Tenaga ditransfer ke roda belakang melalui gearbox dual-clutch
Porsche dengan enam percepatan dan limited slip differential.
Suspensi
depan diambil dari saudaranya 911 GT3 Cup. Sistem rem balap menampilkan
cakram berdiameter 380 milimeter. Sedangkan bobotnya mencapai 1.320
kilogram.
Versi
dasar Trackday ditujukan untuk pembalap amatir yang ingin
berpartisipasi dalam sirkuit. Suspensi dipasang secara permanen. Sistem
keamanan ABS, ESC, dan kontrol traksi memastikan handling yang mudah,
hebatnya sistem bantuan ini dapat dinonaktifkan. Selain itu, juga
tersedia sistem pendingin kabin, pintu darurat di atap, pemadam api
portable, dan tangki bahan bakar berkapasitas 80 liter. Untuk layanan
aftersales, dapat diservis di semua Porsche Centre resmi di Indonesia.
Model
Kompetisi menampilkan detail untuk sebuah mobil balap. Suspensi dapat
disesuaikan dalam tiga tahap. Tangki bahan bakar dengan kapasitas 115
liter cocok untuk balapan jarak jauh. Berkat sistem brake balance,
keseimbangan dapat disesuaikan tanpa batas antara gandar depan dan
belakang. Sistem air jack yang terintegrasi menjamin pemberhentian yang
cepat. Roda kemudi balap dapat dilepas yang diadopsi dari 911 GT3 R
memastikan berbagai penyesuaian untuk kebutuhan pengemudi. Sistem
pemadam api otomatis menambah fitur keselamatan saat memacu kendaraan.
Kepala
motorsport Porsche, Fritz Enzinger mengatakan, Porsche 718 Cayman GT4
Clubsport yang baru memiliki gen balap yang jauh lebih banyak daripada
pendahulunya. Kekuatan mesin meningkat pesat. "Pada saat yang sama, kami
dapat meningkatkan downforce dan kokpit, bahkan lebih sesuai dengan
kebutuhan pengemudi. Saya yakin bahwa kami dapat membangun angka
penjualan yang sangat baik dari pendahulunya, yang kini sudah terjual
421 mobil, " katanya dalam keterangan resmi Senin, 7 Januari 2019.
Mobil
sport ini dibekali mesin boxer aluminium enam silinder di posisi tengah
dengan pemasangan yang rigid. Mesin ini berkapasitas 3.800 cc yang
mampu menghasilkan 313 kW (425 hp) pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 425
Nm pada 6.600 rpm.
No comments:
Post a Comment