8 Tempat Wisata yang Terkenal Angker dikalangan Masyarakat - Jenjang Media

Indonesia

Tuesday 8 January 2019

8 Tempat Wisata yang Terkenal Angker dikalangan Masyarakat

Bicara tempat angket, semua pelosok negara di dunia pasti punya beberapa spot dnegan kisah yang membuat bulukuduk berdiri. Tak terkecuali di Indonesia yang memiliki tempat angker di setiap daerahnya. Seperti contohnya terdapat banyaknya gedung-gedung dari masa penjajahan yang masih berdiri. Tidak cuma bersejarah, bangunan yang juga menjadi saksi sejarah Kemerdekaan Indonesia menyimpan banyak kisah mistis yang kebanyakan datang dari kesaksian orang yang lekat dengan tempat tersebut akan merekomendasikan beberapa tempat angker di Indonesia yang bisa dijadikan tujuan wisata. Yuk simak selengkapnya!
Lawang Sewu, Semarang
tempat wisata horor 1
Berlokasi dekat Kantor Gubernur, Lawang Sewu adalah bekas kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Memiliki banyak pintu dan bangunan berusia ratusan tahun tersebut masih kokoh berdiri. Tapi siapa sangka, di baluk kekokohannya, terdapat banyak sekali kisah mistis. Bahkan, sempat tersiar kabar jika kamu masuk ke dalam, mustahil untuk kembali ke luar. Di beberapa bagian seperti sumur tua, pintu utama, lorong-lorong, lokasi penjara berdiri, penjara jongkong, kabarnya sering muncul penampakan makhluk halis dari gendoruwo hingga kuntilanak.
Menara Saidah
tempat wisata horor 2
Meskipun tidak memiliki nilai bersejarah, tapi bangunan bergaya romawi yang berlokasi di dekat Stasiun Cawang ini banyak diperbincangkan orang. Gedung 28 lantai ini sudah lama tidak berpenghuni. Dulunya, Menara Saidah digunakan sebagai gedung perkantoran untuk berbagai perusahaan. Sayangnya, mendadak satu per satu perusahaan memutuskan untuk pindah. Hingga akhirnya pada 2007, Menara Saidah benar-benar ditutup karena tidak ada lagi perusahaan yang dibuka di sana. Kabarnya, alasan kuat dibalik hengkangnya banyak perusaan adalah karena adanya cerita-cerita horor. Tidak sedikir karyawan perusahaan yang melapor bahwa mereka mendengar suara-suara aneh dari gedung tersebut. Beberapa bahkan pernah bertemu dengan hantu seperti kuntilanak.
Benteng Rotterdam, Makassar
tempat wisata horor 3
Jalan-jalan ke Makassar tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke Benteng Rotterdam. Dibangun oleh warga lokal, tempat ini sempat jatuh ke tangan Belanda saat Kerajaan Gowa-Tallo berperang. Saat zaman itu, sering terjadi pembantaian yang dilakukan oleh tentara Belanda. Salah satunya penampakan sosok wanita bergaun putih panjang yang berdiri kaku di depan pintu masuk Benteng Rotterdam.
Benteng Vrederburg, Yogyakarta
tempat wisata horor 4
Benteng Vrederburg adalah bangunan bersejarah tertua dari zaman penjajahan belanda yang berlokasi di kawasan nol kilometer Yogyakarta atau kawasan Malioboro. Temboknya masih berdiri kokoh, padahal struktur bangunannya original, yaitu dengan arsitektur Eropa. Benteng bersejarah ini sering disebut loji (gedung besar) oleh masyarakat sekitar. Di sana terdapat ‘loji setan’ yang dianggap angker. Dinamakan seperti itu karena banyak orang yang sering mendengar suara rintihan kesakitan atau jeritan minta tolong. Tempat itu diyakini sebagai tempat menyiksa para pejuang ketika zaman penjajahan Belanda.
Istana Maimun, Medan
tempat wisata horor 5
Terletak di Jalan Brigjen Katamso, Sukaraja, Istana Maimun selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Maklum, di sinilah, Kesultanan Deli di bawah arahan Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah menggerakan roda aktivitasnya pada akhir 1800-an. Namun, kisah tentang Putri Hijau dan Mambang Khayali yang justru memikat banyak turis. Terdapat sebuah pecahan meriam yang merupakan jelmaan Mambang Khayali. Ia berubah menjadi meriam lantaran berusaha mempertahankan istana dari serbuan musuh. Nah, salah satu bagian dari meriam tersebut disimpan dengan rapih di Istana Maimun.
Villa Isola, Bandung
tempat wisata horor 7
Secara arsitektur, Villa Isola di kota Bandung jadi salah satu yang menarik. Mengusung konsep art deco, Villa Isola digunakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Namun, kisah mistis justru sudah hadir sejak dulu kala. Dibangun pada 1933, Villa Isola dulunya dihuni oleh Dominique Williem Berretty yang terkenal sebagai orang kaya oleh warga sekitar. Kesaksian beberapa orang, sering terjadi penampakan Berretty bersama anaknya, Ann yang berdansa di ruangan tengah. Suara-suara mengerikan katanya sering terdengar dari luar.
Benteng Vastenburg, Solo
tempat wisata horor 8
Jika Yogyakarta punya Vrenderburg, Solo memiliki Vastenburg. Benteng peninggalan Belanda ini untuk menahan gempuran penguasa Surakarta pada 1745, Benteng Vastenburg berdiri cantik dengan kelengkapan militer seperti parit pertahanan hingga meriam. Namun, Benteng Vastenburg tidak bisa luput dari kisah mistis warga sekitar. Masih jadi sengketa, Benteng Vastenburg memiliki penjara bawah tanah, tempat penawanan para pejuang Indonesia kala itu. Tidak cuma disekap, tapi juga disiksa. Menurut kesaksian, penampakan biasanya hadir di depan Benteng Vrenderburg. Beberapa tukang becak di sana sering melihat penampakan wanita Belanda berkaki kuda yang berjalan secara perlahan.
Toko Merah, Jakarta
tempat wisata horor 9
Pernah jalan-jalan di kawasan Kota Tua? Jika ya, kamu pasti pernah melewatu atau melihat bangunan berwarna merah yang memiliki arsitektur khas Tionghoa. Bangunan ini disebut juga dengan nama Toko Merah. Dari luar, memang terlihat bagus sebagai salah satu spot foto di kawasan Kota Tua. Di balik itu, sebenarnya ada sejarah yang cukup menyedihkan. Sebelum menjadi sebuah toko pada tahun 1851, dulunya Toko Merah menjadi tempat penyiksaan dan pembantaian etnis Tionghoa. Karena peristiwa tersebut, konon cukup sering terdengar suara tangisan wanita dan langkah kaki dari dalam bangunan. Tertarik untuk masuk ke sini?
Itulah tadi informasi tentang tempat wisata horor di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Saran dan Kritik

Name

Email *

Message *