Panduan Wisata ke Surabaya Untuk Liburan yang Berkesan! - Jenjang Media

Indonesia

Tuesday 8 January 2019

Panduan Wisata ke Surabaya Untuk Liburan yang Berkesan!

Berlibur ke Surabaya kamu akan menemukan banyak sekali hal menarik, mulai dari tempat wisatanya yang beragam, kuliner khasnya, hingga acara-acara seru. Selain menawarkan paket wisata menarik, Surabaya juga memiliki banyak fasilitas penunjang yang akan membuat liburan kamu nyaman. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut akan bahas mengenai panduan wisata ke Surabaya yang bisa kamu coba!
Tempat wisata di Surabaya
Kamu bisa menemukan banyak tempat seru dan menarik selama berlibur ke Surabaya, mulai dari pantai, wisata alam, hingga tempat rekreasi. Berikut, beberapa tempat rekomendasi dari RedDoorz.
Pantai Kenjeran
panduan-wisata-ke-Surabaya
Panduan wisata ke Surabaya : Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran sendiri terbagi dua yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Lokasi dari keduanya tidak terlalu jauh yaitu hanya berkisar sekitar 1 km saja. Kedua pantai tersebut memiliki keistimewaan masing-masing sebagai sebuah tempat wisata unggulan di Surabaya. Pada Pantai Kenjeran lama kamu akan menemukan pantai pasir putih yang masih alami. Di sana kamu bisa melakukan banyak kegiatan menarik mulai dari bertamasya berasama keluarga hingga berolahraga. Sedangkan, di Pantai Kenjeran Baru, terdapat Kenpark yang dibangun dengan konsep yang modern. Selain itu, ada berbagai macam spot menarik seperti Kya-Kya Seaside, Dewi Kwan In hingga Pagoda Tian Ti. Harga tiket masuk ke Pantai Kenjeran dibandrol dengan harga Rp 15.000 per orang.
Kebun Bibit Wonorejo
panduan-wisata-ke-Surabaya
panduan wisata ke Surabaya : Kebun Bibit Wonorejo
Kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang menyajikan pemandangan alami, Kebun Bibit Wonorejo bisa jadi pilihan seru. Dinamakan Kebun Bibit sendiri karena tempat tersebut digunakan untuk mengembangbiakan berbagai koleksi bibit tanaman di seluruh penjuru kota. Tetapi, tidak hanya sekedar tanaman saja, di sana kamu bisa menikmati berbagai macam wahana menarik mulai dari papan wall climbing, area bermain anak, danau, rumah anggrek, hingga sentra kuliner. Kamu yang ingin berkunjung ke sini bisa berkunjung mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00.
Ciputra Waterpark
Panduan-Wisata-ke-Surabaya
Panduan Wisata ke Surabaya : Ciputra Waterpark
Bisa dikatakan kalau Ciputra Waterpark merupakan wahana air terbesar yang ada di Surabaya. Luas taman bermain air tersebut bahkan mencapai 5 hektar. Kamu bisa mengajak keluarga untuk bermain di kolam-kolam air yang didesain seperti dongeng petualangan Sinbad. Untuk masuk, para wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk  sebesar Rp 110.000 pada hari biasa dan Rp 130.000 pada akhir pekan. Sedangkan, untuk jam operasionalnya sendiri yaitu mulai dari pukul 10.00 pagi hingga 19.00.
Surabaya Carnival Park
Panduan-Wisata-ke-Surabaya
Panduan Wisata ke Surabaya : Surabaya Carnival Park
Kamu yang ingin seru-seruan dan tertantang untuk bermain di wahana yang memacu adrenalin berkunjunglah ke Surabaya Carnival Park. Dibandingkan dengan taman rekreasi lainnya, harga tiket masuk ke Surabaya Carnival Park cukup terjangkau yakni Rp 60.000 pada hari biasa dan Rp 80.000 pada akhir pekan. Ada berbagai macam permainan seru yang bisa kamu coba di sini yaitu mulai dari mobil-mobilan, kocar-kacir, roller coaster, gondal-gandul, perang laser, bianglala dan masih banyak lagi. Di waktu-waktu tertentu kamu bahkan bisa melihat perade aneka kostum unik yang sangat meriah tentunya. Kamu bisa bermain di Surabaya Carnival Park mulai dari pukul 16.00 hingga 23.00.
Makanan khas Surabaya
Setelah lelah berkunjung ke berbagai macam tempat wisata di Surabaya,  kamu pasti lapar bukan? Nah, di Surabaya, kamu bisa menemukan banyak sekali tempat makan enak dengan harga yang terjangkau. Sebagai referensi berikut beberapa diantaranya:
Rujak Cingur Ahmad Jais
Rujak-Cingur
Berkunjung ke Surabaya jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi rujak cingurnya. Salah satu yang terkenal di Surabaya adalah Rujak Cingur Ahmad Jais. Dinamakan rujak cingur sendiri karena dalam kuliner khas Surabaya tersebut terdapat campuran hidung sapi atau dalam bahasa jawa dinamakan Cingur. Sedangkan, untuk bahan campuran lainnya rujak cingur berisi lontong, tauge dan tahu. Satu porsi rujak cingur Ahmad Jais dibandrol dengan harga Rp 45.000.
Lontong Balap Garuda
Panduan-Wisata-Ke-Surabaya
Panduan Wisata Ke Surabaya : Lontong Balap Garuda
Lontong Balap Surabaya menjadi salah satu yang paling legendaris di Surabaya. Berdiri sejak tahun 1965 cita rasa dari Lontong Balap Garuda tidak perlu diragukan lagi. Dalam satu porsi Lontong Balap kamu bisa menemukan berbagai macam campuran mulai dari potongan tahu goreng, tauge  yang disiram dengan sambal petis, kecap dan lentho. Untuk menikmati kelezatannya, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 14.000 saja. Jika masih kurang kamu juga bisa menambah menu tambahan berupa sate kerang.
Soto Gubeng Pojok
Soto-Gubeng-Pojok
Kamu yang kurang suka dengan soto ayam bisa mencoba Soto Gubeng Pojok yang berbahan daging dan jeroan. Selain campurannya yang memang lezat, kuah dari kaldu Soto Gubeng Pojok memang terasa sangat sedap. Sayangnya, Soto Gubeng Pojok  disajikan dalam porsi yang sedikit yakni dalam mangkuk kecil. Agar mengeyangkan kamu mungkin harus memesan dua hingga tiga porsi sekali makan. Sedangkan, untuk harganya sendiri dibandrol dengan harga Rp 20.000 per porsinya.
Tahu Campur Kalasan
Tahu-Campur-Kalasan-e1490588187679
Sepertinya kuliner Surabaya tidak jauh dari makanan berkuah, seperti halnya Tahu Campur Kalasan. Tempat makan yang satu ini tidak seperti  tempat makan kebanyakan karena hanya berupa warung pinggir jalan. Untuk campurannya sendiri, tahu kalasan terdiri dari bahan-bahan seperti tauge, tahu, selada dan perkedel ubi. Satu porsi Tahu Campur Kalasan dijual dengan harga Rp 20.000.
Sate Kelopo Ondomehen
Panduan-Wisata-ke-Surabaya
Panduan Wisata ke Surabaya : Sate Kalopo
Memiliki nama Sate Kelopo bukan berarti sate ini terbuat dari bahan dasar kelapa melainkan daging sapi yang dicampur dengan daging ayam, jeroan serta lemak sapi. Uniknya, sebelum dibakar, sate kelopo dilumuri dengan parutan kelapa sehingga rasanya menjadi sangat gurih. Harga satu porsi sate Kelopo Ondomehen sangat terjangkau yakni berkisar dari Rp 17.000 hingga Rp 18.000.
Event di Surabaya
Di Surabaya kamu bisa menemukan banyak event menarik yang bisa kamu kunjungi, berikut beberapa diantaranya:
Parade Bunga dan Budaya
Panduan-Wisata-ke-Surabaya
Panduan Wisata ke Surabaya : Parade Bunga dan Budaya
Parade Bunga dan Budaya menjadi salah satu event yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun. Saking populernya, festival ini bahkan bisa menyedot ribuan wisatawan domestik maupun luar negeri. Di parade tersebut kamu akan melihat pertunjukan berupa hiasan-hiasan yang terbuat dari bunga serta berbagai penampilan budaya lainnya. Untuk menyaksikan Parade Bunga dan Budaya, kamu bisa berkunjung ke Surabaya pada bulan Mei.
Festival Rujak Uleg
Panduan-wisata-ke-Surabaya
Panduan wisata ke Surabaya : Festival Rujak Uleg
Apa kamu penyuka kuliner pedas seperti rujak? Kalau begitu berkunjunglah ke Surabaya! kamu bisa datang ke Festival Rujak Uleg yang selalu ramai setiap tahun oleh para pengunjung. Di sini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk mencicipi rujak uleg karena semua makanan yang ada disajikan secara gratis! Tidak hanya itu, di Festival Rujak Uleg kamu juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan menarik dan permainan seru loh!
Pasar Malam Tjap Toendjoengan
Panduan-Wisata-ke-Surabaya
Panduan Wisata ke Surabaya : Pasar Malam
Kamu yang suka shopping sekaligus kulineran bisa berkunjung ke Pasar Malam Tjap Toendjoengan. Acara ini diselenggarakan untuk merayakan ulang tahun Surabaya yang jatuh pada bulan Mei. Kamu tidak perlu takut kelewatan  karena Pasar Malam Tjap Toendjoengan digelar selama satu bulan penuh. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai macam makanan dan jajanan terpopuler yang ada di Surabaya.
Transportasi ke Surabaya
panduan-wisata-ke-Surabaya
panduan wisata ke Surabaya : Kereta Api
Cukup mudah untuk menjangkau Surabaya dengan berbagai macam transportasi mulai dari pesawat hingga kereta api. Jika kamu pergi ke Surabaya dengan pesawat, ada banyak maskapai yang membuka jalur penerbangan langsung ke Surabaya dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. Harga tiket pesawat untuk penerbangan dari Jakarta ke Surabaya sendiri berkisar antara Rp 455.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung dari maskapai apa yang kamu gunakan. Sedangkan, untuk kamu yang lebih memilih moda transportasi berupa kereta api bisa naik kereta dengan tujuan stasiun Gubeng dan Pasar Turi. Ada berbagai macam kereta dengan tujuan Surabaya seperti ekonomi Gumarang, Argo Bromo Anggrek Pagi, Argo Anggrek Malam, Sembarani, dan Bima. Untuk harga tiketnya sendiri berkisar dari Rp 325.000 hingga Rp 385.000.

No comments:

Post a Comment

Saran dan Kritik

Name

Email *

Message *