India menjadi salah satu basis pengembangan mobil Suzuki lewat
Maruti. Teknologi hybrid akan mulai diaplikasikan pada sejumlah mobil
Suzuki. Setelah Swift, Suzuki berencana akan mencangkokkan mesin hybrid
pada Suzuki SX4 S-Cross. Rencananya Suzuki SX4 S-Cross dengan mesin
hybrid akan mengaspal di jalanan paling lambat 2020.
Pada mesin hybrid ini, Suzuki SX4 S-Cross akan meninggalkan mesin
lamanya M15A dan berganti dengan K15B yang dipakai pada Suzuki Ertiga
baru tentunya dengan diselipi teknologi hybrid ringan SHVS. Kedua mesin
ini memang memiliki kapasitas yang sama yaitu 1,5 liter empat silinder.
Namun keluaran tenaganya berbeda, M15A yang memiliki konfigurasi bore 78
mm x stroke 78 mm mampu menghasilkan tenaga 109 PS pada 6.000 rpm dan
torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.
Pada K15B dengan bore 74,0 mm x
stroke 85,0 mm menghasilkan tenaga 104,7 ps pada 6.000 rpm dengan
torsinya 138 nm pada 4.400 rpm. Kemungkinan alasan untuk menekan biaya
produksi untuk menyeragamkan penggunaan mesin K15B. Ada pula opsi mesin
diesel 1.3L D13A D13A yang dilengkapi VGT yang menghasilkan 90 PS dan
200 Nm.
Maruti Suzuki disebut menjalin kerja sama dengan Bosch untuk
melokalisasi dengan persentase tinggi dari komponen powertrain hybrid.
Selain itu, perusahaan itu akan memanfaatkan kemitraan perusahaan
induknya dengan Toyota untuk pengembangan sistem hybrid.
Maruti Suzuki mengklaim kendaraan hybrid dapat menekan efisiensi
bahan bakar hingga 30 persen lebih tinggi daripada model bensin
konvensional. Sedangkan model mesin bertenaga diesel umumnya lebih hemat
25 persen daripada mesin bensin.
Dalam perkembangan lain, Maruti Suzuki juga
siap memperkenalkan mesin diesel E15A 1,5 liter di Ciaz sebagai opsi
untuk mesin diesel D13A 1,3 liter. Mesin diesel baru, yang menghasilkan
94 PS dan 225 Nm.
Tuesday 8 January 2019
Suzuki SX4 S-Cross Menyusul Jadi Hybrid, Mesin Ganti Ertiga
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment